Ucapan Selamat Berbuka Puasa Dalam Bahasa Jawa Unik Dan Menyenangkan

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengucapkan selamat berbuka puasa. Salah satunya adalah mengkaitkannya dengan lokalitas. Jika anda merupakan orang jawa atau tinggal di jawa, maka salah satunya tentu dengan cara menggunakan ucapan selamat berbuka puasa dalam bahasa jawa. Tentu yang menampakkan lokalitasnya adalah bahasa jawa yang digunakan. Bahasa jawa memiliki keindahan tersendiri sehingga penyusunannya bisa jadi lebih rumit atau justru lebih sederhana daripada bahasa indonesia.
Ucapan-Selamat-Berbuka-Puasa-Dalam-Bahasa-Jawa
Memang model seperti ini berbeda dengan model ucapan selamat berbuka puasa dalam bahasa indonesia. Terkadang dalam bahasa indonesia hasilnya terlalu sederhana dan juga klise. Tentu saja model ucapan seperti itu akan terkesan membosankan. Anda harus mencoba menghindari menggunakan ucapan yang sudah klise karena hal itu tak akan memberikan efek sesuai dengan yang diharapkan. Bagi siapapun yang menginginkan mengucapkan selamat dan mengasikkan, jelas harus diusahakan dalam bentuk yang unik dan bagus.
Baca Juga : Ucapan Selamat Berbuka Puasa
Ada beberapa contoh yang bisa anda perhatikan saat anda ingin mengetahui contoh ucapan selamat berbuka puasa dalam bahasa jawa. Contoh-contoh di bawah ini bisa memberikan gambaran awal yang mudah dipahami tentangnya.
Sugeng sonten lan sugeng buko dumatheng sedayanipun kemawon. 
Sugeng nindaaken buko poso mugi-mugi amal lan ngibadah kito ditampi kalih gusti Allah. 
Sugeng buko, mugo-mugo poso dino iki ditrimo Gusti Allah lan awake dewe tambah imanne 
Marhaban ya syahru romadon, sugeng buko poso kagem sedoyonipun ingkang poso 
Sugeng buko, mugo-mugo ibadah saum kenging hidayah lan barokah amin. 
Sugeng magrib lan sugeng buko poso mugia dados tambah iman lan islamna sedoyo 
Sugeng moco doa sakderenge buko poso kanggo sedoyo supados saum janten tambah takwa 
Sugeng nindaaken buko poso teng griyone masing-masing, mugio sedoyo tambah rasa syukure kagem gusti Allah 
Sugeng buko poso lan ngaturaken kathah syukur maring Gusti Allah kanggo nikmat lan barokahe pun sasih saum 
Sugeng sonten lan sugeng siap-siap buko, ampun lali doa supados tambah barokahe amin.
Jika anda sudah membacanya dan mendapatkan gambaran awal, maka tak akan sulit bagi anda untuk memutuskan seperti apakah model ucapan selamat berbuka puasa dalam bahasa jawa yang akan anda gunakan. Jika anda merupakan orang jawa maka anda tentu bisa menyusun ucapan sendiri dengan berpatokan pada contoh-contoh di atas. Kadangkala hasilnya bisa lebih bagus daripada jika anda menggunakan buatan orang lain. Anda juga bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan konteks yang anda alami.

Banyak sebenarnya aspek lain yang penting untuk anda perhatikan saat anda merencanakan menggunakan ucapan selamat berbuka puasa dalam bahasa jawa. Salah satunya adalah model kosakata yang anda gunakan. Akan lebih baik jika anda menggunakan kosakata kromo daripada anda menggunakan bahasa jawa ngoko. Hal itu ada kaitannya dengan bagaimana anda bisa menyesuaikan antara ucapan yang anda buat dengan tatakrama yang bisa dipraktekkan oleh orang jawa di lingkungan anda.

Ucapan Selamat Berbuka Puasa Dalam Bahasa Jawa Unik Dan Menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putri