Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa dan Artinya

Sebagai motivasi hidup, kata mutiara juga hadir tidak hanya dalam satu bahasa saja. Setiap bahasa memiliki kata kata mutiara tersendiri sehingga dapat mengayomi bagi penduduk yang menggunakan bahasa tersebut. Hal tersebut juga berlaku untuk kata kata mutiara bahasa Jawa, yang juga digunakan bagi penduduk Jawa maupun non-Jawa sebagai motivasi dan prinsip hidup karena kata kata tersebut mewakili bagaimana seharusnya kehidupan itu.

Kata-Kata-Mutiara-Bahasa-Jawa

Kata kata mutiara bahasa Jawa yakni sebuah wejangan para sesepuh yang sudah banyak makan asam garam kehidupan yang ingin membaginya kepada generasi penerus agar bisa menjalani hidup lebih baik lagi. Wejangan tersebut banyak tidaknya dijadikan prinsip hidup bagi orang-orang yang memahami dengan detail makna yang terkandung dalam kata kata mutiara Jawa tersebut. Dengan pengalaman orang-orang terdahulu yang ingin membaginya kepada anak cucu agar kehidupan mereka bisa lebih baik lagi daripada kehidupan sebelumnya yang mereka lalui.

Dengan penjelasan tersebut maka akan diberikan beberapa kata kata mutiara bahasa Jawa yang bisa anda pelajari untuk kehidupan anda selanjutnya. Kata mutiara bahasa Jawa tidak hanya berlaku bagi orang Jawa saja, tetapi bagi setiap orang yang menggunakannya sebagai pelajaran dan motivasi untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Kumpulan Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa

Jumbuh karo unine bebasan, sabar iku kuncining swarga, ateges marganing kamulyan.
Artinya : Sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah "jalan utama" untuk mendapatkan "surga". Yang dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan. 
Sabar iku ingaran mustikaning laku.
Artinya : Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan. 
"Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu". 
Artinya : Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga. 
"Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana."
Artinya : Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia. 
"Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati." 
Artinya : Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. 
Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip.
Artinya : Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing. 
Byung-byung tawon kembu.
Artinya : Orang yang suka berkumpul-kumpul tanpa ada keperluan. 
Brojol saselaning garu.
Artinya : Selamat dari keadaan buruk berkat kecerdikan. 
"Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki."
Artinya : Sebaliknya kita harus menjalani dengan penuh harapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini. Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan. 
Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep.
Artinya : Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan.

Sebuah wejangan bahasa Jawa dihadirkan oleh sesepuh Jawa yang mana kehidupannya terdahulu mengajarkan banyak pelajaran hidup, sehingga sekarang ingin membaginya kepada setiap orang agar dapat mengaplikasikan dalam kehidupan kata kata mutiara bahasa Jawa. Pelajaran berharga yang terkandung dalam kata kata bisa anda selami agar kehidupan selanjutnya bisa lebih bijak atau baik. Selain bagi orang Jawa, anda juga bisa menggunakannya karena tentu hal ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang Jawa semata.

Meskipun hanya rangkaian kata, tetapi jika meresapinya lebih dalam anda tentu akan mendapat pelajaran tentang hidup yang berharga yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sekarang agar masa depan yang cerah bisa tercapai. Kata kata mutiara bahasa Jawa bisa anda berikan juga kepada orang-orang tersayang juga orang sekitar anda agar sama-sama mendapat kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selamat mempelajari tentang pelajaran kehidupan melalui kata kata mutiara bahasa Jawa.

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa dan Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putri